Kamis, 10 Mei 2012

Melonpan


Sumber resep:
Pastry layer – happy home baking (di modif lagi)
Adonan roti – kursus dapur Aa (saya modifikasi dikit)

resep ini menghasilkan 18 s/d 22 pcs roti (ukuran 60 s/d 50gr / adonan roti)

Bahan2:

Pastry layer
300 g tepung Segitiga Biru
3 g baking powder
140 g salted butter
130 g gula halus
60 g telur (1 butir)
essen secukupnya

Adonan Roti:

Bahan kering:
400 gr Tepung Terigu Cakra Kembar
100 gr Tepung Terigu Segitiga Biru
5 gr Ragi Instant Fermipan
2 gr Improver Bakerine Plus ß ini aku skip
75 gr Gula Pasir
8 gr Garam
30 gr Susu Bubuk Indomilk Full Cream

Bahan cair:
2 btr Kuning Telur
60 gr Mentega Orchid Butter (salted)
225 gr Air Es
75 gr Whipped Cream Anchor Cair

Cara membuat

Pastry layer:
Campur seluruh bahan ulenin sampai adonan tidak lengket. Bungkus dengan plastic wrap, masukan lemari es (jangan di freezer) gunakan saat adonan roti mulai memasuki tahap proofing ke 2.

Adonan roti:

Campur seluruh bahan kering, bagi 2
1 bagian tepung dicampur dengan semua bahan dalam waskom, kecuali mentega, aduk rata. Kemudian tambahkan mentega, aduk rata.
Tambahkan sisa tepung sedikit demi sedikit sambil diaduk rata dan tercampur seluruhnya.
Uleni adonan sampai kalis elastis butuh waktu agak lama.. jadi sabar2 aja.. kecuali klo pake bread mixer.. tinggal masukin tunggu 20 s/d 30 menit, harusnya dah kalis elastis.. Catatan: Ciri khas bahwa adonan telah kalis adalah permukaan adonan telah halus dan adonan dapat dibentangkan dengan tipis.
Proofing 1: Bulatkan adonan dengan kedua tangan dan bungkus dengan plastik bening, diamkan selama 10 menit. Setelah itu kempiskan untuk menghilangkan udara pada adonan.
Sementara itu, keluarkan adonan pastry layer dari kulkas, bagi-bagi adonan menjadi 22 pcs, dengan berat kira-kira 39gr, bulatkan, kemudian pipihkan sampai sebesar tutup gelas.
Proofing 2: Bagi adonan menjadi 22 biji dengan berat masing-masing 50gr kemudian bulatkan. Pada tahap ini taruh adonan pastry layer yang telah pipih di atas adonan roti, rapihkan, pastikan tidak ada celah terbuka. bentuk bagian atas sesuai selera, Susun di atas Loyang yang telah disemir margarine.
Catatan: jika ingin memberikan variasi isian, maka adonan yang telah dibagi sebanyak 22pcs dibulatkan, tutup plastic bening dan didiamkan dulu 15 menit, baru kemudian pipihkan dan gilas dengan rolling pin, baru kemudian diisi filling sesuai selera selanjutnya bulatkan kembali. Setelah itu baru taruh pastry layernya.
Diamkan hingga adonan mengembang maksimal 75-120 menit. Cepat atau lambatnya adonan mengembang tergantung suhu ruangan
Sebelum masuk oven, Olesi atasnya dengan campuran 1 sdm susu bubuk indomilk full cream yang telah di encerkan dengan 3 sdm air.
Panggang dalam oven (api atas bawah) hingga golden brown selama 15 s/d 30 menit, dengan suhu 150 s/d 170 derajat (tergantung oven nya ya.. )

selamat mencoba

Tidak ada komentar:

Posting Komentar