Sabtu, 08 Januari 2011

Cake Pisang Putih Telur

Tantangan LBT #1, Banana Cake, tapi resepnya harus dari dapur sendiri.. Sebelumnya aku pernah beberapa kali bikin olahan dari Pisang.. tapi ya resepnya masih hasil dari lihat dari beberapa cheff

sebenernya agak males juga nih ngerjain tantangan.. secara beberapa hari kemarin dapet orderan banyak.. dan kerjaan kantor juga numpuk.. Pun wiken gini masih ada call dari boss minta ini itu.. jadi agak remuk badan.. Tapi.. demi nerima tantangan.. akhirnya aku kuatkan niat untuk baking..

Bahan :
300 ml putih telur (manfaatin sisa putih telur dari bikin kue kemarin..)
100 gr gula pasir (boleh ditambahin 1 ato 2 sdm, bagi yang suka manis.. aku sih gak suka manis, dan pisangnya juga dah manis)
1/2 sdt vanilli bubuk
1/2 sdt garam

150 gr tep. terigu protein sedang
1/2 sdt baking powder
1/2 sdt bumbu spiku (boleh di skip, boleh diganti essence pisang ato apapun sesuai selera)
2 buah pisang ambon, haluskan (aku ngalusinnya pake parutan keju aja)
1 sdt pasta cokelat

Cara Membuat :

  1. Kocok putih telur, vanilli bubuk dan garam hingga berbusa banyak & setengah mengembang, lalu naikkan kecepatan speed sedang dan masukkan gula pasir sedikit sambil terus dikocok hingga gula habis dengan speed tinggi hingga soft peak. 
  2. Masukkan tepung terigu yang telah dicampur dengan baking powder & bumbu spiku, sambil diayak diatas telur aduk hingga tercampur rata. 
  3. terakhir, masukan pisang yang sudah dihaluskan, aduk hingga rata. Ambil 5 sdm adonan, campur dengan pasta coklat. masukan adonan putih ke loyang yang sebelumya telah di oles margarin, kemudian masukan sisa adonan cokelat di bagian atas, acak dengan garpu buat motif marmer..
  4. Kukus selama 30 s/d 40 menit hingga matang, angkat.
selamat mencoba.. hasil akhir.. enak pisan.. gak kalah sama chiffon pisang & banana cake yg pake kuning telur & dipanggang.. wkkwkwkwkw..





1 komentar:

  1. Mba ngga pake cairan ya? seperti minyak/margarin/santan?

    BalasHapus