Sabtu, 22 Januari 2011

Cake Pisang Cokelat Putih Telur

Sebenernya.. lagi-lagi.. masih memanfaatkan sisa putih telur yang aku bekukan di kulkas... mikir2.. dah lama gak bikin brownis.. dan masih agak2 berbau LBTan soal ide kreasi dengan pisang2an.. nah kalo resep kemarin aku kukus.. kali ini aku panggang..  dan jadilah resep sbb:
Bahan:
150 ml minyak sayur / margarine (cairkan)
100 gr dcc (cincang)
150 gr terigu protein sedang (aku pake kunci)
50 gr cokelat bubuk (aku pake van houten)
3 buah pisang ambon (haluskan)
225 ml putih telur
150 gr gula pasir
1/2 sdt garam

100 gr kenari cincang
3 sdm kenari cincang untuk taburan

Cara membuat:
  1. Panaskan minyak sayur, kalau sudah cukup panas matikan api, masukan dcc yang sudah dicincang, aduk rata dan pastikan cokelat meleleh seluruhnya sisihkan, biarkan dingin
  2. campur terigu & cokelat, masukan lelehan cokelat & minyak, aduk rata, kemudian masukan pisang yang sudah dihaluskan, aduk rata
  3. kocok putih telur bersama garam dengan kecepatan tinggi sampai berbusa banyak, kemudian masukan gula pasir sedikit demi sedikit, kocok terus sampai gula habis dan putih telur jadi soft peak
  4. masukan putih telur ke dalam campuran sebelumnya, aduk rata dengan spatula
  5. masukan kenari cincang, aduk rata
  6. masukan adonan ke loyang 22x22x4cm yang sebelumnya di oleh margarin & dialas kertas roti, taburi atasnya dengan kenari cincang lagi
  7. panggang 40 menit pada suhu 180 derajat Celcius atau sampai matang (cek dengan tusuk gigi)
hasil akhir.. enak pisan.. gak bohong.. bikinnya gampang.. dan pastinya.. gak pake acara gagal segala. wkkwkwkw..  tapi.. rasanya gak tepat juga klo dibilang brownis.. soalnya gak padet sama sekali.. makanya aku judulin Cake aja. heheheheh..

selamat mencoba ya...

tampilan seperti brownis, tapi lembut pisan.. heheh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar