Senin, 20 Desember 2010

Pistachio Sesame Biscotti

Ini adalah kali pertama aku buat jenis kue ini.. itupun karena ada pesanan dari teman SMA (thanks to maya for ordering the cookies).. browsing sana sini.. akhirnya.. aku coba buat biscotti dari resepnya Mba Rita  Kitchenable: Almond Biscotti (makasih dah boleh nyontek ya bund). Asalnya kukis ini dari italia.. tapi kenapa enggak dicoba bikin di dapur sendiri.. hehehehe..

Bahan:
100 gr butter (50gr blueband + 50gr wisjman)
1 cup gula halus (150gr)
1/2 sdt garam
2 butir telur ukuran besar (klo ukuran kecil pakek 3 butir)
2 butir kuning telur
2 cup tepung (250gr)
1 sendok teh baking powder (jangan diganti sama baking soda)
1/2 cup (100gr) pistachio cincang
2 sdm wijen

Cara membuat:
  1. Panaskan oven 180 degress celsius
  2. Kocok butter dan gula halus cukup sampai tercampur gak perlu lama-lama. Masukkan telur kemudian garam. setelah rata masukkan tepung dan baking powder, kemudian masukkan Pistachio cincang, tambahkan 2 sdm wijen aduk sampai rata. 
  3. Adonan mestinya agak lengket. Bagi adonan menjadi 4 bagian, basahi tangan, bentuk adonan memanjang kira-kira 10-15 cm letakkan diloyang yang sudah diolesin butter, kerjakan sampai adonan habis (4 log) . Saat meletakkan di loyang beri jarak karena akan ngembang ke samping juga. 
  4. Taburi bagian atasnya dengan wijen 
  5. Panggang 35 menit sampai mengeras bagian atasnya. Dinginkan . Iris-iris dengan pisau roti (pisau gergaji). Panggang lagi 10 menit balik panggang lagi 10 menit. Keluarkan dari oven.Dinginkan (klo kata mamah ku.. mirip roti gambang yang dipanggang ulang wkwkkwkwkw.... betawi pisan sih emak ane)
pendapatku.. ini kukis sumpah endang bambang gulindang.. soft crunchy buttery.. pokoknya wah wah enak.. manisnya pas banget lah.. gak ada cara lain untuk mendeskripsikan nih kue selain ENNNNNAAAAK... nyesel banget klo gak pernah bikin nih kukis..

roti gambang dipanggang ulang wkwkwkkw
nyum nyum delicioso

1 komentar:

  1. biscottinya cakep, bisa rata cantek gitu. thanks ya reviewnya :)

    BalasHapus