Rabu, 18 Juli 2012

Kaastengel


ini adalah hasil modifikasi dari resep Kaastengel Ny. Liem

BAHAN 1:
150 gr butter (wisjman)
150 gr margarin (blueband)
2 kuning telur
1 sdt emplex
1/2 sdt garam
50 ml fresh cream

BAHAN III:
150 keju parmesan, parut
100 gr cheddar, parut

BAHAN IV (campur dan ayak):
25 gr maizena
25 gram susu bubuk full cream
500 gr tepung protein sedang (aku pake kunci biru)
1 sdt baking powder

BAHAN V (campur dan saring):
bahan olesan ini cukup ampuh untuk mengganti penggunaan kuning telur ayam kampung.. yang susah nyarinya..
5 kuning telur
1 sdm air
1/2 sdt ,minyak sayur
2 tetes pewarna kuning
 keju cheddar parut secukupnya

Cara membuat:
1.      Campur dan kocok bahan 1 hingga mengembang dan putih.
2.      Tuang bahan 2 dikit demi sedikit, sambil terus dikocok. 
3.      Masukan bahan 3 dan kocok lagi bentar.
4.      untuk pencampuran dengan bahan 4, aku ngadonin nya dikit2, jadi sebagian adonan mentega aku campur dengan sebagian terigu, diulenin sampe kira2 gak lengket lagi saat dicetak. Hal ini aku lakukan untuk menghindari adonan menjadi kering dan keras, atau malah adonan mentega jadi cair dan berminyak.. ini bisa menyebabkan kue jadi bleberan gak jelas pas dipanggang.
5.      Olesi permukaan adonan dengan bahan 5 hingga rata, aku ngolesinnya 2 kali, jadi manteb banget warnanya pas mateng, taburi bahan 
6.  Panggang dalam oven dengn suhu 150 celcius selama 20 menit, nah.. kalau ini tergantung masing2 oven ya.. pokoknya lihat kondisi kue saat bagian atasnya sudah kecoklatan dan bau keju sudah tercium dimana2. itu pasti sudah mateng.. ehehehehe







Catatan: resep ini juga aku pake untuk bikin dough nastar keju.. jadi 1 adonan bisa sekaligus untuk 2 resep.. kaastengel & nastar keju.. (teori pemalas).. :p

Tidak ada komentar:

Posting Komentar