Rabu, 24 November 2010

Japanese Cheesecake (JCC)


Dari beberapa resep JCC yang beredar diantara blogger, sumber resep dari 35 Variasi Resep-resep Cheesecake (Yasaboga) yang saya temukan di Centong & Loyang (makasih ya Bun), ini adalah resep JCC yang sudah saya coba dan berhasil, rasanya enak & lembut, manis & gurihnya pas banget, dan tingkat kesulitannya mudah, meski sedikit repot melapisi loyang dengan alumunium foil (3 lapis gitu lho) hehehehe......

JCC - Orange :D

Bahan 1
60 gr mentega tawar (aku pake orchid)
250 gr cream cheese (aku pake yummy *bisa diganti dengan buatan sendiri)
120 ml whipped cream (cair) (krn mahal aku ganti dgn krim kental FN)

 
Bahan 2
50 gr tepung terigu (aku pake kunci biru) --> ayak
50 gr tepung maizena (aku pake maizenaku) --> ayak
3 kuning telur
1 butir telur
5 putih telur

2 sdt kulit jeruk lemon parut, tapi jangan sampai kena bagian putihnya, nanti pahit (aku sendiri krn kepepet gak dapet lemon.. akhirnya diganti sama essence orange 1 sdt.. huhuhu.. maksa.. tp tetep enak kok :D )

Bahan 3
1/8 sdt garam
125 gr gula pasir halus

1 sdt air jeruk lemon

Bahan topping:
2 sdm selai apricot & 2 sdm air
(aku sih bebas aja, bisa di hias pake apa aja sesuai selera)
 
Cara:
a.             Siapkan loyang bundar bongkar pasang 22cm (nggak juga gpp, krn JCC cukup kokoh untuk dibalik dari loyang aku sendiri pake loyang bulat 18") olesi dengan mentega & lapisi kertas roti, pastikan olesan mentega cukup tebal melapisi loyang.
b.            Campur mentega, cream cheese (sudah dlm suhu ruang) dan whipcream dalam panci. panaskan dengan api kecil, aduk hingga lembut, (aku sendiri lebih milih dengan cara tim  atau double boiler untuk menghindari gosong), angkat dari api.
c.             Lalu masukkan campuran tepung yg sudah diayak, aduk rata. Kemudian masukkan kuning telur dan 1 butir telur, aduk rata. Masukkan kulit jeruk lemon, aduk rata, sisihkan.
d.            Kocok putih telur dan gula hingga berbusa dan masukkan air jeruk lemon sambil terus dikocok hingga terbentuk kerucut-kerucut tumpul (soft peak).
e.             Lalu tuang 1/3 adonan putih telur ke adonan cream cheese, aduk rata. Tuang campuran ini ke sisa adonan putih telur, aduk rata.
f.             Tuang adonan ke loyang, panggang dengan cara au bain marie (steam bake: manggang di atas air yang sebelumnya telah dididihkan ), kurang lebih 60 menit dengan suhu 150C sampai permukaan matang berwarna kuning keemasan. (Kalau di oven ku.. hehehe.. lama banget... jadi aku akalin 30 menit pertama aku panggang di suhu 180C, kemudian aku turunkan. tempke 160C. dan ternyata total waktu panggang  90 menit. hihihih)
g.            Keluarkan dari oven. Setelah benar-benar dingin, lepaskan cake dari loyang. (kalo aku.. keluarkan dari oven, lapisi serbet biar gak beleber air steam bake, lepaskan dari alm foil, lap bagian bawah loyang, terus balik deh.. kondisinya masih )
h.            Panaskan selai apricot dan air, oleskan ke permukaan cheesecake atau hias sesuai selera


Tambahan:
Nah.. bagi teman-teman yang kesulitan mendapatkan cream cheese, kita bisa akalin dengan bikin sendiri
Caranya: keju kraft 1 pack 180gr diparut, tambahkan susu ultra 200ml, panaskan dengan api yg sangat kecil sampai semua keju leleh & larut, usahakan keju & susu jangan sampai mendidih, karena lemaknya akan terpisah.. (aku biasanya aduk dengan balon whisk biar lekas larut, proses ini makan waktu kurleb 7 s/d 10 menit)
JCC - Strawbery


2 komentar:

  1. keren ui mba..
    mw nyoba suruh mama aku bikin aahh.. ;)

    BalasHapus
  2. makasih ndra.. :) silahkan.. mudah banget kok.. keliatannya aja susah.. tapi klo dah di praktekan.. nggak juga tuh.. hihihih..

    BalasHapus