Kamis, 24 Februari 2011

Creamy English Fruit Cake

Creamy English Fruit Cake, adalah kue klasik yang saat ini jarang ditemui di toko kue. Sudah lama Opa (presdir ku di kantor), minta dibuatkan.. nah.. kebetulan ada tantangan LBT#3, sekalian ngerjain PR, sekalian juga dimodalin Opa bikin kue hehehehe.. setelah sekian lama googling, akhirnya ketemu referensi resep dari cakefever, alhamdulillah.. lansung sukses, meski baru kali ini buat fruit cake, yang penting nurut sama yang ada di resep.. 



Bahan:
100 gram mentega tawar (aku pake anchor unsalted)
60 gram cream cheese (aku pake yummy)
1/8 sdt vanili bubuk
25 gram gula kastor
50 gram gula palem
3 butir telur (ukr besar, ato 4 yg kecil, pisahkan kuning & putihnya)
70 gram tepung terigu protein sedang (aku pake segitiga biru, kalo pake kunci biru hasilnya bisa terlalu rapuh)
25 gram susu bubuk full cream (aku pake pediasure anak ku hehehehe)
15 gram tepung maizena
1 sdt kulit jeruk lemon parut (aku skip, aku ganti dengan 1/2 sdt bumbu spekoek)
100 gram cherry manisan, cincang kecil
100 gram kismis atau sultana
50 gram plum, kupas, cincang kasar
50 gram kacang mede, sangrai matang, cincang kasar

(Buah kering dan kacang dalam resep ini bisa diganti sesuai selera. Yang penting beratnya saja yang harus ditimbang sama dengan resep.)


Cara Membuat:
·    Panaskan oven 165 C. Siapkan loyang oval diameter 20cm yang sudah dialas kertas roti hingga 3 lapis. (WAJIB)
·    Kocok lembut mentega tawar, cream cheese, Vanili bubuk, gula palem dan gula kastor
·    Masukkan kuning telur satu per satu, kocok kembali hingga lembut
·    Ayak tepung terigu, susu bubuk dan maizena. Masukkan campuran tepung yang sudah diayak ke dalam adonan mentega, aduk rata.
·    Tambahkan parutan kulit jeruk lemon dan semua bahan buah kering lainnya, aduk rata.
·    Tambahkan putih telur yang sudah dikocok kaku, aduk rata.
·    Panggang kurang lebih selama 50 menit sampai matang kecoklatan

Catatan:
·    Fruit Cake ini dipanggang dalam waktu yang cukup lama, karena itu penting untuk menjaga kue bagian bawah tidak menjadi gosong duluan.
·    Aku  menaruh 3 lembar kertas HVS di bagian dasar luar loyang, dan melapisi bagian luar Loyang dengan HVS yang dibuat lebih tinggi dari Loyang.
·    Bisa juga digunakan tehnik au bain marie, yaitu memanggang dengan menggunakan uap air

ribet ngelapisin bagian pinggir & dasar dengan HVS, tapi sukses menghindari gosong



Tambahan:
      aku bikin 2 versi, yang halal dan satunya lagi pakai Liquor (rhum), Setelah keluar dari oven, sesuai pesanan salah satu cake aku siram dengan 3 sdm rhum, biarkan rhum meresap membasahi cake, aku sendiri gak tahan sama bau rhum nya yg bikin kepalaku pusing.. :p.. tapi ya namanya juga pesanan.. apa mau dikata.. heheheh.. 
DCC cair yang digunakan untuk hiasan topping motif swirl
      comment dari teman2 di kantor yang sudah mencicipi cake ini, semuanya bilang enak.. gak ada cela sedikitpun, aku nyobain sepotong yang versi halal.. dan beneran enak.. gurih dari kacang mede & cream cheese, manis dari buah2 kering, aroma rempah dari gula palem & bumbu spekoek dan tekstur kue yang padat dan beremah tetapi tetap lembut.. emang pas banget dilidah.. disajikan dengan secangkir teh tawar panas.. makin lengkap untuk morning tea.. hehehehe..
siap dinikmati bersama secangkir teh tawar



Tidak ada komentar:

Posting Komentar